Kamis, 19 September 2019

Sering Curiga dan Selalu Berburuk Sangka Terhadap Orang Lain

Hati-hati! Sering Curiga dan Selalu Berburuk Sangka Bisa Jadi Tanda Sakit Mental yang Tersembunyi.
Sering_Curiga_dan_Selalu_Berburuk_Sangka
Anda mungkin mengenal tipikal orang yang seperti ini: selalu curigaan terhadap keputusan, tindakan, bahkan motif orang lain, Bisa saja ia adalah orang yang dekat dengan kita, teman atau keluarga, Namun mereka hampir tidak bisa mempercayai semua orang, bahkan orang yang di dekatnya sekalipun.

Dengan ciri biasa ditandai dengan ia selalu curiga pada semua orang atau siapa saja disekitarnya. Cenderung suka mengintip kalau-kalau ada orang yang mencurigakan, Jika ada orang lain yang bertingkah agak aneh, imajinasinya menjadi liar.

Kemungkinan besar orang yang terlalu curiga seperti ini sedang menderita jenis penyakit mental, yaitu Paranoid Personality Disorder (PPD).

Orang yang mengalami PPD, memang selalu mencurigai orang lain, Mereka juga memiliki cara berpikir dan tingkah laku yang aneh dan eksentrik, Penderita PPD juga cenderung menarik diri dari orang lain, cenderung suka mengeluh, dan dingin.

Akibatnya ia tidak memiliki hubungan yang harmonis dengan orang lain, Penyebabnya juga tidak tunggal, namun kemungkinan besar pengaruh keluarga dan trauma masa kecil paling berpotensi, Situs Lifehack.org menyatakan bahwa kombinasi faktor lingkungan dan biologis juga dapat menyebabkan timbulnya gejala ini.

Contohnya, PPD cenderung dimiliki oleh mereka yang keluarganya memiliki riwayat delusi dan skizofrenia. Atau, trauma yang dialami pada usia dini.

Gejala umum Paranoid Personality Disorder (PPD) adalah:
  • Lemah citra diri
  • Terisolasi dan lingkungan sosial
  • Kecurigaan tanpa henti
  • Paranoia
  • Tidak mampu berkolaborasi
  • Sangat peka terhadap kritik
  • Argumentatif dan defensif.

Penderita PPD ini harus menerima pertolongan dari profesional juga dukungan dari keluarga dan teman. 


Advertiser